Rabu, 01 Agustus 2018

PELATIHAN PEMBUATAN ICE CREAM JAGUNG

Gambar 1. Produk Ice Cream Leghes
Ice cream merupakan produk atau makanan yang sangat familiar dikalangan masyarakat khususnya ank-anak. Ice cream sendiri adalah sebuah makanan beku yang terbuat dari produk susu seperti krim atau sejenisnya yang digabungkan dengan perasa atau pemanis. Pada awalnya, ice cream itu sama seperti namanya, hanya menggunakan krim yang manis, kemudian diletakkan pada panci yang dingin. Semakin kita memasuki zaman yang semakin canggih, teknik dalam pembuatannya pun cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.
Jagung sangat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu melancarkan pencernaan, menyehatkan mata, menyehatkan jantung, kaya kalori dan vitamin, serta dapat mencegah anemia. Sedangkan manfaat dari ice cream sendiri adalah dapat mengurangi peradangan, sebagai sumber energy, kaya akan sumber vitamin dan sumber mineral.
Desa Campor Timur yang terletak di Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep merupakan desa yang sebagian masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani jagung. Kali ini kelompok KKN 28 melakukan pelatihan ice cream yang berbahan dasar jagung. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Campor Timur yang dihadiri oleh masyarakat desa setempat khususnya ibu-ibu PKK. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan pembuatan ice cream yang berbahan dasar jagung, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan membuka peluang kerja khususnya masyarakat Desa Campor Timur. Produk ice cream diharapkan bisa menjadi salah satu produk unggulan desa. Output dari kegiatan pelatihan ice cream ini yang dilaksanakan oleh kelompok KKN 28 diharapkan bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat Desa Campor Timur untuk mengembangkan potensi desa melalui pengolahan produk unggulan yang berbasis ekonomi kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tortila Jagung

Bahan-bahan : 1.       Jagung ½ kg 2.       Kapur sirih 1 sendok makan 3.       Air bersih 2 liter 4.       Bawang putih 8 siung ...