Sabtu, 28 Juli 2018

SOSIALISASI BUMDES DESA CAMPOR TIMUR KECAMATAN AMBUNTEN



Diadakanya sosialisasi BUMDES bertujuan untuk memberikan pemahaman masyarakat di Desa Campor Timur Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep tentang apa itu BUMDES. Permasalahan yang paling utama yang ada dimasyarakat desa Campor Timur yaitu sudah terbentuknya  BUMDES namun, belum begitu memahami maksud dan tujuan terbentuknya BUMDES. Sehingga perlu adanya pengetahuan dan ilmu agar BUMDES yang sudah terbentuk dapat berjalan..
            Sosialisasi BUMDES merupakan program kerja mahasiswa KKN kelompok 28 UTM yang dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 28 Juli 2018 yang dihadiri oleh Masyarakat desa yang berjumlah sekitar 20 orang, perangkat desa sekitar 10 orang dan juga kepala desa Campor Timur bapak Ramli. Sedangkan pemateri yang mengisi sosialisasi BUMDES yaitu Imammuddin yang berasal dari Pamekasan dan merupakan mahasiswa aktif Universitas Trunojoyo Madura.
            Pembahasan yang diberikan oleh pemateri yaitu menjelaskan tentang apa itu BUMDES manfaat dan tujuan serta penyusunan struktur anggota BUMDES. Para peserta sosialisasi BUMDES sangat tertarik dengan adanya sosialisasi tersebut karena pada dasarnya masyarakat belum memahami  sehingga merasa kebingunan untuk menjalankan BUMDES yang sudah ada. Sosialisasi BUMDES tersebut membuka diskusi tanya jawab untuk peserta yang belum paham. Selain memberikan pemahaman tentang BUMDES pemateri juga memberikan contoh-contoh BUMDES yang sudah ada dan sukses di Indonesia. Salah satu BUMDES yang sudah berhasil dan pendapatanya paling tinggi yaitu di Ponggok Jawa Tengah dengan pendapatan mencapai 14 M pertahun. Dengan adanya sosialisasi BUMDES yang diadakan oleh mahasiswa KKN kelompok 28 UTM diharapkan memberikan pemahaman untuk masyarakat desa Campor Timur terutama anggota BUMDES sehingga BUMDES yang sudah ada dapat bermanfaat dan mampu menigkatkan perekonomian masyarakat desa Campor Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tortila Jagung

Bahan-bahan : 1.       Jagung ½ kg 2.       Kapur sirih 1 sendok makan 3.       Air bersih 2 liter 4.       Bawang putih 8 siung ...