Selasa, 24 Juli 2018

MEMBANTU MENGAJAR DI TK CAMPOR TIMUR


Pendidikan merupakan salah satu dimensi penting dalam pengembangan sumber daya manusia bangsa ini. Sesuai dengan tujuan negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa yang termuat dalam Pembukaan UUD 1945 dan amanat UUD 1945, maka implementasi pendidikan terhadap generasi bangsa mutlak harus dilakukan. Dalam membantu mewujudkan amanat Undang-undang tersebut, kelompok KKN 28 Universitas Trunojoyo Madura berusaha menghadirkan program kerja yang berkaitan dengan dunia pendidikan.
KKN 28 Universitas Trunojoyo Madura yang bertempat di Ds. Campor Timur, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep Madura kali ini memiliki beberapa program kerja yang terkait dengan pendidikan. Salah satunya adalah program kerja mengajar dengan sasaran anak-anak TK. Program ini dilaksanakan setiap dua kali dalam seminggu bertempat di TK Miftakhul Ulum Campor Timur. Kesan pertama dalam proses interaksi dengan anak-anak TK sangat luar biasa. Anak-anak yang cenderung pasif dalam menerima pembelajaran, kali ini sangat berbeda untuk anak-anak TK Miftakhul Ulum. Semangat belajar mereka sangat luar biasa. Sekalipun berada dalam daerah pedesaan dimana pendidikan masih belum dapat menjangkau secara merata, tetapi semangat mereka sangat luar biasa. Interaksi dan keaktifan dalam menerima pembelajaran dapat dikatakan diluar ekspektasi mahasiswa KKN sebagai pengajar. Para siswa yang hanya terdiri dari dua kelas, dengan rata-rata jumlah siswa 10 orang perkelas tersebut memang masih belum memiliki kemampuan dan fasilitas yang mendukung dibanding dengan wilayah lain seperti di Pulau Jawa, tetapi di tengah keterbatasan mereka, terdapat semangat juang yang tinggi dalam menuntut ilmu.

Program belajar mengajar dengan sasaran para siswa TK di desa Campor Timur yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN 28 Universitas Trunojoyo Madura ini diharapkan dapat membantu masyarakat pada umumnya dalam pengembangan sumber daya manusia yang semakin unggul, sekalipun dalam waktu yang singkat. Dengan adanya program ini, kelompok 28 Universitas Trunojoyo Madura memiliki tujuan dan gagasan dalam pengembangan intelektual masyarakat, khususnya siswa TK Miftakhul Ulum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tortila Jagung

Bahan-bahan : 1.       Jagung ½ kg 2.       Kapur sirih 1 sendok makan 3.       Air bersih 2 liter 4.       Bawang putih 8 siung ...